-->

Keunggulan Dan Manfaat Menggunakan Domain ID

Saat ini jika mau membangun sebuah situs web maupun blog, telah tersedia banyak ekstensi domain yang bisa dipilih. 

Bahkan jika Anda adalah blogger atau seorang pelaku IT di Indonesia pasti sudah mengenal salah satu domain Indonesia yang saat ini cukup populer. Yakni domain dengan ekstensi .ID (dot id). 

Secara prinsip, memang semua fungsi dan manfaat domain sama saja yakni sebagai nama dan identitas sebuah situs web supaya mudah diingat sehingga dapat dikunjungi pengunjung di lain waktu hanya dengan mencari atau mengakses langsung situs web melalui domain. 

Makin unik dan simpel sebuah nama domain situs web maka akan sangat baik dalam meningkatkan branding dan membuat sebuah situs web menjadi populer (mudah dikenali). 


Di luar sana banyak blogger yang dilema, salah satunya bingung hendak memilih domain .id atau .com serta ekstensi domain lainnya untuk situs web (blog) yang akan dibuatnya nanti. 

Hal utama yang mungkin dipikirkan oleh blogger atau si pembuat situs web (blog) didasari oleh harapan bahwa menggunakan domain --.com atau .id-- mana yang akan lebih menguntungkan dan bagus untuk kelangsungan sebuah situs web (blog) yang mereka bangun. 

Untuk itu, bersamaan tulisan ini saya ingin sedikit mengulik pesona domain ID terutama manfaat dan keunggulan ketika menggunakan-nya dirangkum dari beberapa sumber online terpercaya. 

Alasannya dikarenakan domain ID adalah salah satu domain yang cukup populer dibicarakan di kalangan blogger terutama di awal tahun 2019 kemarin. 



Mengenal Peran Domain ID untuk sebuah Situs Web Blog di Indonesia

Domain ID adalah salah satu ekstensi domain Indonesia yang diperuntukkan bagi situs web yang bersifat personal seperti blog. 

Namun tetap saja, hal tersebut tidak dibatasi apabila penggunaan domain ID ini digunakan untuk membangun sebuah situs web komersial maupun web informatif seperti blog berita. 

Selain itu, peran utama domain ID sengaja dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya untuk mencegah penyebaran hoax dan informasi berbahaya yang dimuat dalam situs web (blog). 

Sehingga kontrol penggunaan situs web yang menggunakan domain Indonesia dapat dengan mudah ditangguhkan oleh PANDI (Pengelola Domain Internet Indonesia) apabila sebuah situs diketahui melakukan tindakan melanggar hukum yang berlaku di Indonesia. 

Meski demikian, peran domain ID juga sangat bermanfaat terutama bagi pelaku IT seperti blogger yang ingin mengembangkan situs web nya. Salah satunya adalah situs web dengan domain ID akan dengan mudah ditemukan oleh pengguna internet dari Indonesia serta dapat diakses dengan cepat dikarenakan domain name server-nya (DNS) berada di Indonesia.

Bahkan saat ini, demi meningkatkan kecepatan domain ID bagi pengguna luar Indonesia, PANDI selaku pengelola domain Indonesia berencana memasang server DNS domain Indonesia di China sehingga bisa mempercepat akses domain oleh pengguna atau pengunjung situs web di Eropa maupun Amerika Serikat. (menkominfo dalam tekno.kompas.com). 

Manfaat yang Didapatkan Ketika Menggunakan Domain ID (Indonesia)

Umumnya menggunakan domain kelas atas atau premium memiliki banyak keuntungan dan keunggulannya tidak terkecuali bagi yang menggunakan domain ID atau domain TLD Indonesia lainnya.

Adapun beberapa manfaat dan keunggulan menggunakan domain ID (Indonesia) diantaranya:

1. Situs Memiliki Identitas Jelas (Sehingga Mudah Dipercaya)

Kehadiran domain ID (Indonesia) dimaksudkan untuk memberikan transparansi kepada pengunjung internet untuk mengetahui pemilik sebuah situs web yang berdomain ID. Ini dikarenakan dalam proses pendaftarannya domain ID mensyaratkan penggunanya untuk menyertakan identitas yang legal berupa KTP serta beberapa dokumen lainnya jika dibutuhkan.

Meski persyaratan tersebut sedikit memberatkan, tetapi mengingat betapa pentingnya keamanan website Anda maka menyertakan identitas diri atau perusahan yang resmi atas kepemilikan sebuah domain dapat meningkatkan tingkat kepercayaan sebuah website baik berdasarkan penilaian user (pengunjung) maupun mesin pencari (search engine).

2. Domain ID Memiliki Akses yang Stabil dan Cepat

Di atas sudah sempat disinggung bahwa salah satu manfaat menggunakan domain ID adalah akses yang stabil dan cepat terutama oleh pengguna atau pengunjung yang datang dari Indonesia. Ini dikarenakan domain name server-nya (DNS) berada di Indonesia.

Oleh karenanya situs web yang menggunakan domain ID sangat cocok bagi situs / blog yang memang mengincar pembaca, pengunjung, maupun konsumen yang datang dari Indonesia seperti blog dan situs web yang berisi artikel dan informasi berbahasa Indonesia sehingga tidak cocok untuk membangun blog bule.

3. Mesin Pencari Akan Memprioritaskan domain ID di Wilayah Indonesia

Selain memberikan akses yang cepat secara teori berdasarkan domain name server-nya. Domain ID juga akan diprioritaskan oleh mesin pencari untuk mudah ditemukan terutama oleh pengguna yang berada di wilayah Indonesia.

Ini dikarenakan domain ID telah dikenali oleh mesin pencari sebagai sebuah domain web yang dikhususkan digunakan oleh pengguna atau pelaku IT di Indonesia seperti blogger Indonesia. (dewaweb.com)

Melihat hal ini, maka keuntungan menggunakan domain ID salah satunya adalah memberikan kesempatan bagus bagi sebuah situs web yang mengincar konsumen Indonesia untuk mendapatkan banyak pengunjung yang diutamakan dari wilayah Indonesia.

Maka nya saat ini situs-situs komersial yang mengincar konsumen dan pengunjung dari Indonesia biasanya akan menggunakan domain Indonesia seperti ID untuk personal dan CO.ID untuk penggunaan situs web komersial seperti situs toko online, blog berita, dan sejenisnya.

4. Domain ID Baik untuk SEO

Melanjutkan poin 3 di atas mengenai mesin pencari akan memprioritaskan domain ID mudah ditemukan oleh pengguna internet di Indonesia mengindikasikan penggunaan domain ID sangat tepat bagi pelaku IT atau blogger di Indonesia untuk membangun sebuah situs web / blog yang mudah ditemukan di mesin pencari.

Hal ini tentu akan sangat bagus sekali serta sebuah harapan yang baik bagi sebuah situs blog untuk mendapatkan banyak pengunjung dan meningkatkan popularitas sebuah situs web yang mengincar konsumen maupun pengunjung yang diutamakan dari Indonesia.

5. Lebih Banyak Pilihan Domain yang Dapat Dipilih

Setidaknya untuk saat ini mendaftarkan domain ID masih tersedia banyak pilihan dan mudah didaftarkan dikarenakan belum banyak pengguna internet yang mendaftarkan domain ID. Sehingga dengan mudah kita masih bisa mendaftarkan domain ID dengan nama yang unik.

Seperti kita ketahui bahwa umumnya mendaftarkan nama sebuah domain web dengan yang diinginkan sangatlah sulit, sebab rata-rata nama domain unik dan yang kita anggap cukup bagus ternyata sudah tidak tersedia karena telah diklaim oleh orang lain.

Oleh karena nya karena domain ID masih tergolong baru, maka umumnya Anda masih bisa mendaftarkan domain ID yang cukup unik dengan mudah.


Keunggulan domain ID perlu dipertimbangkan untuk kamu yang ingin membangun website.Terlebih domain beragam jenisnya dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Sebagai domain lokal, ID kini mulai dilirik oleh sebagian besar penggunanya. Hal ini bisa dilihat dari data dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang dilansir dari Katadata menyebutkan hingga akhir 2018 lalu tercatat ada sekitar 281 ribu situs menggunakan domain ini dan mengalami peningkatan sekitar 12% dibanding tahun 2017 lalu.
Pengguna domain ID di Indonesia mencapai sekitar 96.35% sedangkan pengguna di luar negeri sekitar 3.65%. Pengguna domain ID di luar negeri digunakan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Singapura, Australia, dan Jepang. Adapun keunggulan dari domain ID ini antara lain bisa kamu simak dalam ulasan di bawah ini.

Identitas yang jelas bagi pemilik website

Keunggulan domain ID memungkinkan kamu dengan mudah mengetahui siapa pemiliknya. Ini dikarenakan dalam proses pendaftaran pembuatan domain pemilik diharuskan memenuhi berbagai macam persyaratan dan ketentuan. Persyaratan tersebut antara lain adalah dibuktikan dengan adanya identitas yang legal seperti KTP, nama perusahaan serta dokumen penting lainnya yang dibutuhkan.
Memang, adanya persyaratan seperti ini sedikit memberatkan. Namun, mengingat pentingnya keamanan website kamu menyertakan identitas diri maupun perusahaan yang resmi dapat meningkatkan kepercayaan website yang sedang kamu buat.

Situs lebih kredibel

Menyambung dari poin di atas, karena menggunakan identitas resmi untuk mendapatkannya domain ID dinilai lebih kredibel. Terlebih lagi bagi kamu yang sedang ingin melakukan branding baik dari segi personal maupun perusahaan. Kamu akan lebih berhati-hati dalam melakukan segala sesuatunya di website, mengingat salah sedikit saja informasi akan berdampak kurang baik bila tidak segera diklarifikasi.
Apalagi jika kamu menyebarkan berita yang tidak benar, maka kredibilitas website akan diragukan. Dengan keunggulan domain ID yang satu ini, kamu pun bisa meminta pertanggung-jawaban kepada pemilik website apabila terjadi kesalahan. Maka dari itu, sebaiknya selalu gunakan konten positif. Bila website kamu semakin baik, maka kredibilitasnya semakin baik pula sehingga akan meningkatkan jumlah pengunjung.

Akses lebih cepat

Keunggulan dari domain ID berikutnya adalah akses yang stabil dan cepat. Mengapa begitu? Bila dilihat secara teori, domain ID menggunakan server yang ada dalam negeri, jadi untuk membuka blog akan lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan server dari luar negeri. Mengingat lalu lintas internet dari server luar negeri membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.
Inilah salah satu alasan mengapa domain ID ini layak dipilih bila kamu ingin menargetkan pengunjung dari dalam negeri.  Selain itu, juga akan memudahkan di mesin pencarian bila menggunakan domain berbahasa Indonesia lalu di akhiri dengan ID.

Harga yang kompeten

Tidak hanya dari segi fasilitas dan spesifikasinya saja, keunggulan domain ID juga ada pada harganya. Menggunakan domain ID kamu hanya cukup membayar mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah saja. Bandingkan saja dengan menggunakan domain dari luar negeri, tentu Anda harus membayarnya dengan harga yang sedikit lebih mahal.
Selain itu, menggunakan domain yang berasal dari luar negeri dalam hal pembayaran biasanya menggunakan mata uang dolar. Tidak mengherankan jika harganya pun fluktuatif bila di kurskan ke mata uang rupiah. Misalnya, saat nilai mata uang dolar naik, ini tentunya akan berpengaruh juga pada harga domain yang berasal dari luar negeri tersebut.

Lebih aman dan nyaman digunakan oleh pengguna

Mengingat domain ID membutuhkan identitas resmi baik dari pemilik maupun perusahaan, maka akan membuat pengguna merasa aman dan nyaman. Data pemilik website akan terdata secara valid oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Jadi, apabila nama domain tersebut melanggar ketentuan hukum yang ada di Indonesia, PANDI akan menghapus nama domain bila dinyatakan bersalah setelah melalui proses hukum oleh pengadilan.
Dengan kata lain, baik langsung maupun tidak langsung, keunggulan domain ID ini memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai kode etik dalam berinternet. Baik dari segi pemilik, pengguna dan dalam hal tata kelolanya.
Dengan mempertimbangkan keunggulan domain ID di atas, kamu bisa menggunakan jasa dan layanan dari penyedia hosting terbaik dan terpercaya di Indonesia seperti Dewaweb. Dengan membeli paket Cloud Hosting tahunan di Dewaweb, kamu bisa mendapatkan free domain .id. Dan untuk kamu yang hanya ingin membeli domain .id, harga domain .id sudah turun menjadi Rp110.000,-. Segera order domain .id di Dewaweb. Semoga bermanfaat!

So, buruan daftarkan domain ID Anda segera mungkin sebelum diklaim oleh orang lain.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keunggulan Dan Manfaat Menggunakan Domain ID"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel